Jenis Ayam Betet Bali

Sunday, April 3, 2016

Jenis Ayam Betet Bali, bagi beberapa orang mungkin kurang begitu pamor di bandingkan ayam bangkok atau jenis ayam lainnya. Ayam betet di indonesia berasal dari Bali dan saat ini mulai terangkat wibawanya,hal ini bisa kita lihat dari banyaknya para pecinta ayam pemula yang mencari dan merawat ayam jenis betet ini. Bukan hanya untuk sekedar hobi,melainkan juga untuk di jadikan bisnis sampingan yang mana jika melihat pasar. Ayam Betet cukup prospek untuk kita ternakkan.
Jenis Ayam Betet Bali
Ayam betet juga bisa untuk di jadikan ayam aduan. Namun kelas dan kategori juga masih satu arena,yaitu sesama ayam betet.jika kita lagakan dengan ayam jenis petarung lain seperti ayam bangkok, birma dll. Pasti hanya hitungan detik ayam betet akan tumbang. Untuk masalah kualitas bertarung ayam ini bisa di katakan bagus,cepat,lincah dan dominan menyerang,namun hanya sebatas dengan sesama ayam betet sendiri,tidak seimbang jika kita lagakan dengan ayam petarung bangkok.

Ayam betet banyak di pelihara di daerah bali yang mana ayam inilah yang dominan populer dan sering di jadikan ayam laga, baik untuk acara ritual keagamaan dan hanya sekedar latihan jajal tarung saja. Untuk di daerah lain,ada namun populasinya sangat sedikit dan kurang banyak peminatnya.Ayam ini memiliki gaya bertarung bagus dan lincah,dalam tata cara perawatan juga mudah,tak lain seperti ayam petarung lainnya.baik dari segi pakan,latihan dan perawatan harian. Intinya postur dan bentuk badan saja yang kurang seimbang jika kita bandingkan dengan ayam petarung jenis lain.

Ayam betet juga tergolong ayam bermental bagus dan akan selalu menghadap ayam apa saja tanpa pandang bulu. Intinya ayam ini tidak takut dengan ayam lebih tua,lebih memiliki badan besar semua jenis ayam akan di sikat baik akan menang maupun akan kalah.Sayangnya,jika kita lagakan dengan jenis ayam petarung modern seperti ayam bangkok akan jauh berbeda baik dari segi badan dan postur tubuhnya yang kalah tajam dengan ayam bangkok.